Perabot kantor yang secara umum dipakai diantaranya
adalah meja, kursi, lemari kabinet, laci-laci kartu, rak filing dan sebagainya.
1.
Meja
Meja
tulis atau meja kerja:
a. Ukuran
luas permukaan mejanya hendaknya disesuaikan dengan kedudukan daan jabatan
orang yang mempergunakannya. Permukaan meja tidak boleh terlalu besar agar
segala sudutnya dapat dijangkau dengan tangan oleh orang yang mempergunakannya.
b. Tingginya,
untuk golongan meja biasa dipakai yang mempunyai ukuran tinggi lebih kurang
0,75 m, karena dapat memberi jarak antara mata orang yang sedang menulis atau
membaca (dengan duduk diatas kursi)
Contoh
beberapa jenis meja :
·
Meja Staf
Meja yang biasa digunakan oleh staf,
bagian administrasi atau tata usaha.
·
Meja Resepsionis (penerima tamu)
·
Meja Direktur
Meja yang dipakai pimpinan perusahaan
dengan bentuk dan desain yang dapat mewakili gambaran seseorang yang mempunyai
jabatan penting dalam perusahaan tersebut.
2.
Kursi
Untuk
kursi kerja ataupun kursi ketikukuran besar dan tinggi serta modelnya harus
disesuaikan dengan orang yang hendak mempergunakannya. Banyak jenis kursi
sesuai dengan kebutuhan, ada yang mempunyai tangan, ada yang beroda, dan
lain-lain. Kursi ergonomis adalah kursi yang bisa adjustable diatur sesuai kebutuhan dan fisik pemakai kursi
tersebut.
macam-macam kursi kerja
3.
Lemari
Terdapat
berbagai jenis dan ukuran lemari untuk keperluan perlengkapan kantor, pemilihan
tergantung dari kebutuhan dan ruang yang dimiliki oleh kantor yang memerlukan.
Sebagian besar bahan lemari terbuat dari besi, hal ini sesuai dengan tuntutan
kekuatan dan ketahanan.
4.
Filing
Cabinet
Beragam
Filing Cabinet yang tersedia
dipasaran, ada yang memiliki 2 laci, 3 laci, 4 laci, dll. Filing Cabinet digunakan untuk menyimpan map-map file atau
kartu-kartu yang berukuran kurang lebih 25x35 cm. Biasanya memiliki gantungan
dikedua sisi laci, sehingga sangat tepat dan mudah digunakan untuk menyimpan
file dengan menggunakan map menggantung (hanging
folder).
lemari cabinet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar