Kawan-Kawan

Minggu, 10 April 2016

JENIS-JENIS PERABOT KANTOR



            Perabot kantor yang secara umum dipakai diantaranya adalah meja, kursi, lemari kabinet, laci-laci kartu, rak filing dan sebagainya.
1.      Meja
Meja tulis atau meja kerja:
a. Ukuran luas permukaan mejanya hendaknya disesuaikan dengan kedudukan daan jabatan orang yang mempergunakannya. Permukaan meja tidak boleh terlalu besar agar segala sudutnya dapat dijangkau dengan tangan oleh orang yang mempergunakannya.
b.   Tingginya, untuk golongan meja biasa dipakai yang mempunyai ukuran tinggi lebih kurang 0,75 m, karena dapat memberi jarak antara mata orang yang sedang menulis atau membaca (dengan duduk diatas kursi)
Contoh beberapa jenis meja :
·         Meja Staf
Meja yang biasa digunakan oleh staf, bagian administrasi atau tata usaha.



·         Meja Resepsionis (penerima tamu)
Meja yang digunakan oleh resepsionis di kantor depan perusahaan.


·         Meja Direktur
Meja yang dipakai pimpinan perusahaan dengan bentuk dan desain yang dapat mewakili gambaran seseorang yang mempunyai jabatan penting dalam perusahaan tersebut.



2.      Kursi
Untuk kursi kerja ataupun kursi ketikukuran besar dan tinggi serta modelnya harus disesuaikan dengan orang yang hendak mempergunakannya. Banyak jenis kursi sesuai dengan kebutuhan, ada yang mempunyai tangan, ada yang beroda, dan lain-lain. Kursi ergonomis adalah kursi yang bisa adjustable diatur sesuai kebutuhan dan fisik pemakai kursi tersebut.

macam-macam kursi kerja

3.      Lemari
Terdapat berbagai jenis dan ukuran lemari untuk keperluan perlengkapan kantor, pemilihan tergantung dari kebutuhan dan ruang yang dimiliki oleh kantor yang memerlukan. Sebagian besar bahan lemari terbuat dari besi, hal ini sesuai dengan tuntutan kekuatan dan ketahanan.



4.      Filing Cabinet

Beragam Filing Cabinet yang tersedia dipasaran, ada yang memiliki 2 laci, 3 laci, 4 laci, dll. Filing Cabinet digunakan untuk menyimpan map-map file atau kartu-kartu yang berukuran kurang lebih 25x35 cm. Biasanya memiliki gantungan dikedua sisi laci, sehingga sangat tepat dan mudah digunakan untuk menyimpan file dengan menggunakan map menggantung (hanging folder).

lemari cabinet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar